Institut Kesehatan Helvetia Menggelar Penataran Lokakarya Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Kamis (10/8/2017) Institut Kesehatan Helvetia Medan Menggelar Penataran Lokakarya Penulisan Karya Tulis Ilmiah kepada para mahasiswa Prodi S1 Farmasi, D-IV Kebidanan, dan S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat di Aula Gedung Lt.4 Institut Kesehatan Helvetia.

Acara ini menghadirkan Bapak H. Darwin Syamsul, S.Si, M.Si, Apt. (Wakil Rektor Institut), Bapak Prof. Dr. Muhammad Badiran, M.Pd, (Ketua Badan Penjamin Mutu),Ibu Ir. Neni Ekowati Januariana, M.Ph, dan Bapak Iman Muhammad, S.E, S.Kom, M.M, M.Kes, ( Ketua BPH) bertindak sebagai Pembicara,

Menurut Ibu Neni Ekowati Januariana penataran lokakarya ini perlu diadakan dikarenakan pada momen ini dapat dijadikan sarana antara mahasiswa tingkat akhir yang akan menjalani tahap penulisan tugas akhir agar dapat berdiskusi secara langsung dengan pembicara sekaligus dosen pengajar untuk memaparkan kesulitan-kesulitan yang sering dihadapi para mahasiswa ketika membuat sebuah karya tulis ilmiah.

Selain sebagai sarana berdiskusi, para mahasiswa pun jadi lebih mengerti tata cara penulisan karya tulis ilmiah dengan lebih baik. Baik dalam segi format penulisan, tata bahasa, maupun teknik-teknik pengolahan data.

Bapak Iman Muhammad dalam presentasinya mengatakan bahwa tidak hanya kesulitan-kesulitan mahasiswa ketika menulis karya tulis ilmiah yang perlu di bahas, akan tetapi kesulitan-kesulitan para dosen pembimbingnya pun harus ikut di bicarakan agar kedepannya dapat berlangsung lebih baik juga.

Selain itu, Bapak Iman Muhammad juga mengimbau kepada para mahasiswa yang ingin melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing kiranya harus lebih ekstra teliti dalam mempersiapkan bahan yang akan dibahas baik itu berupa media penunjang diskusi maupun materi karya tulis ilmiah itu sendiri.

Tahapan demi tahapan wajib dilalui para mahasiswa dalam proses penyelesaian karya tulis ilmiah sebagai persyaratan kelulusan untuk mendapatkan gelar. alangkah baiknya apabila tahapan tersebut dilakuakan dengan baik dan benar agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

 

Penulis : Amrisal Syahputra